my friends and my teacher

my friends and my teacher
?

Sabtu, 14 Januari 2012

Baladewa wanda geger



mas nanang kancil djinantaka:"wayang Baladewa (kanan) Kyai Geger made in Purwodipura 1856...(kiri) Ki Geger made in Singosari...koleksi Museum Volkenkunde, Leiden...sebelumnya saya agak sedikit kaget dengan wayang Baladewa yg sebelah kiri karena tertulis dalam tulisan jawa "Ki geger ing singosari"...saya terkaget-kaget...mosok ada wayang seperti ini di zaman Singosari??? Oooo...ternyata sesudah saya dan Mbah Ledjar ingat2 bahwa di Surakarta ada kampung bernama Singosari yang sekarang ada mall nya dan dulu waktu saya kuliah di ISI solo kalau pulang naik motor mesti lewat jalan itu kalau mau pulang ke Jogja berboncengan dengan Nyai Blorong saya dulu...haa haa...setelah saya lacak data mengenai kampung tersebut di internet ternyata dulu kampung itu pernah menjadi rumah kediaman Pangeran singosari menantu PB X...tetapi...didalam catatan wayang menerangkan bahwa wayang ini di buat pada th.1815 dan berada di Belanda sejak th. 1881...lhaaa...sejarah PB X lahir th.1866 dan menjadi raja th.1893 wafat th.1939...mosok sudah besanan sewaktu di dalam kandungan??? :D ... hal ini yg menarik bagi saya mencari lebih terang siapakah pangeran singosari yg dimaksud dalam catatan wayang tersebut...melihat bentuk wayang yg tatahannya sudah memiliki khas surakarta dan sunggingan yg masih sederhana (namun anehnya palemahan tidak diplisir prada/brom seperti wayang solo sekarang)...saya coba cari informasi ke KITLV,,,dan ternyata ada 2 nama pangeran singosari yg hampir memberi jawaban pada historiography dan juga bentuk zaman wayang tersebut dibuat...yang pertama adalah pangeran singosari kerabat dari PB II juga paman PB III yang ikut membantu mangkubumi...yg ke dua yakni pangeran singosari putra PB III (namun sejarahnya detailnya tidak ada)...saya baru aja search sama mbah google juga menemukan nama pangeran singosari putra sunan Giri (namun menurut saya agak kejauhan masanya apabila dilihat dari bentuk wayang)...menurut panjenengan apakah ada nama pangeran singosari lain lagi selain yg saya ketahui??? silahkan jangan ragu2 tulis di FB ini,,,tulis nama lengkap,,,data diri anda,,,no.hp ( apabila anda seorang cewek yg cantik )...tapi apabila anda seorang cowok akan saya kasih hadiah yaitu fotonya "mbah Ledjar"...he he hee....."


(copy paste dari mas nanang kancil djinantaka)





kalo menurut saya sembuliyan dari baladewa yang dipegang mas nanang yg kiri tidak ada kesan "kartasurannya" sudah ada kesan agak modern sekitar 40 thn.an....juga sunggingannya yang sederhana dan historis sekali......yang wajib ditiru oleh penyungging modern sekarang ini hehehhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar